Kamis, 16 Desember 2010

Tips Hemat listrik

Menghemat tagihan listrik berarti menggunakan peralatan listrik seperlunya dan mematikannya saat tidak diperlukan. Untuk bisa memiliki kebiasaan ini memang harus terus menerus dilakukan. Mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri melakukan hal-hal di bawah ini untuk menghemat tagihan listrik Anda:


 Biasakan mematikan lampu saat tidak digunakan. Matikan juga lampu di ruang kosong. Untuk lampu di luar rumah, anda bisa memanfaatkan sensor cahaya yang bisa menghidupkan dan mematikan lampu dengan mendeteksi sinar matahari.
Saat siang hari, lebih baik gunakan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Tak perlu menyalakan lampu. Bukalah gorden Anda agar cahaya matahari bisa masuk.
Matikan televisi bisa tidak ditonton dan cabut stekernya. televisi dan seluruh peralatan listrik yang masih dalam mode standby akan terus menerus menggunakan listrik.
Gunakan stop kontak yang bersaklar untuk adaptor laptop atau charger HP Anda. Jika sedang tidak digunakan, cukup matikan saklarnya untuk menghentikan aliran listrik. Hal ini berguna bagi Anda yang malas mencabut kabel adaptor atau charger saat selesai dipakai.
Bersihkan bola lampu Anda secara teratur. Bola lampu yang kotor seringkali membuat cahayanya menjadi redup. Daripada menggantinya dengan bola lampu dengan watt yang lebih besar, coba sesekali bersihkan. Bola lampu itu akan kembali bersinar secara maksimal.
Warnai rumah dengan warna terang juga akan membantu Anda menghemat pemakaian lampu. Mewarnai rumah dengan warna gelap seperti abu-abu tua, atau biru tua hanya akan memberi kesan kelam di rumah, sehingga Anda selalu merasa perlu menyalakan lampu
Maksimalkan pekerjaan rumah tangga yang menggunakan listrik (misalnya menyetrika dan mencuci dengan mesin cuci) pada siang hari karena di malam hari tarif listrik lebih mahal.
Sumber: tipsrumah.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.