Jumat, 28 Oktober 2011

Software Akuntansi Gratisan


Posting “Software Accounting & Finance Open Sources ini berisi informasi berupa link dimana anda bisa memperoleh software/aplikasi accounting yang bersifat open-source (bebas download dan bebas pakai, alias gratis, alias free), mulai dari “automated budgeting dan forecasting”, “personal money manager”, “System accounting berbasis web professional”, “touch screen input multi user POS”, hingga “paket accounting software all-in-one untuk organisasi (perusahaan): POS, accounting, contact management, billing, dll”.Isn’t those a huge useful source?

Sudah menjadi kebiasaan saya sejak di bangku kuliah, setiap hari libur saya isi dengan jalan-jalan. Termasuk kemaren (libur perayaan waisak bagi rekan-rekan umat Budha) yang bertepatan dengan hari kebangkitan nasional (20 May). Karena liburnya hanya sehari, instead of “menonton perayaan hari kebangkitan nasional di tv yang makin lama makin garing”, saya memilih tetap jalan-jalan, hanya saja jalan-jalannya di dunia maya saja, alias internet surfing ;-). Mencari-cari informasi perkembangan dunia accounting, keuangan dan perpajakan. Buka-buka halaman online-nya ICPA edisi May 2008, hmmm… sudah habis saya baca. Car-cari buku accounting terbitan McGraw-Hill (my favorite publisher) terbaru, belum ada new release. Mau update peraturan perpajakan terbaru, hmmm setengah mati browse undang-undangnya.

Tapi, layaknya jalan-jalan, tentu pulangnya musti bawa oleh-oleh, bukan? :-). Nah saya juga bawa oleh-oleh untuk rekan-rekan di sini. Mudah-mudahan ini bermanfaat. Apakah oleh-olehnya? Aplikasi keuangan dan akuntansi open source.Software/aplikasi accounting & keuangan yang boleh didownload dan dipakai tanpa perlu bayar alias free alias gratis!.

Bagi rekan-rekan yang memang “geek (hi-tech minded)” mungkin istilah open source sudah biasa. Tapi bagi rekan-rekan yang non-geek, mungkin masih belum tahu persis. Walaupun saya tidak termasuk cukup “tech-savvy”, saya akan coba jelaskan sedikit “apa itu software/aplikasi open source”. Aplikasi Open source adalah aplikasi yang di develop (dibuat) secara sukarela oleh pihak (individu/kelompok) tertentu. Hasil kerja mereka boleh di download dan dipakai secara bebas, tidak berbayar (gratis). Kebanyakan open source dimaksudkan untuk dipakai sendiri (tidak dikomersialisasi), tetapi tidak sedikit juga yang memberikan kebebasan penuh soal pemakaian, hanya saja tetap mecantumkan original publisher-nya (tidak boleh diakui sebagai karya sendiri) yang biasa disebut dengan “NON-PLR = Non - Private Label Right".

Open source software/application boleh diakui sebagai karya sendiri jika anda melakukan modifikasi sendiri atas aplikasi (program/software) tersebut. Bisa dikatakan hampir mendekati gratis/free (hanya saja tidak boleh diakui sebagai karya sendiri dan copyright maupun trademark-nya tetap menjadi hak developer. Tidak sedikit juga open source application boleh diperbanyak (jika anda tahu bagaimana caranya memperbanyak) dan di distribusikan ke berbagai pihak yang anda mau. Untuk tahu persis hak dan kewajiban anda selaku user, tentu anda perlu membaca "TOS=Term Of Services" mereka. Jangan lupa baca juga "disclaimer-nya". Oh ya, mereka juga menyediakan support center, kalau-kalau user menemukan error saat software dipakai, bisa di hubungi lewat e-mail bahkan lewat telpon. Dari pengalaman saya, response mereka cukup cepat.

Aplikasinya bisa bermacam-macam, mulai dari calendar, task manager, personal financial manager, software accounting, software untuk architech, hingga diet meter. Macam-macam.

Untuk anda (orang-orang accounting & keuangan) tentu harus aplikasi yang bisa mendukung pekerjaan (profesi) anda, yaitu : Software/aplikasi accounting dan keuangan. Saya pribadi sudah mendownload: “NOLA” dan “TurboCash”. Silahkan baca short descriptionnya, jika anda tertarik silahkan download (bebas download, bebas pakai):

[1]NOLA - An integrated, all-in-one package for an organization’s inventory, POS, accounting, contact management, billing etc.

[2]TurboCASH - FlexiFlexible small business accounting software fulfilling the major needs of any business.



[3]FrontAccounting - A professional web-based accounting system for ERP chain; written in PHP with use of MySQL.

[4]GnuCash - Open source financial accounting software to manage personal and small business expenses and incomes – FOR LINUX USER!

[5]Adaptive Planning Express - An open source solution enabling medium sized companies to automate budgeting and forecasting by moving beyond traditional applications like Excel.

[6]Buddi - A simple budgeting program for users with no financial background.


[7]CheckItOut - A Ruby on Rails application to manage personal money accounts.

[8]GFP - A free java based personal finance manager with the ability to run on any operating system.

[9]Gnumeric - A free spreadsheet program for the GNOME desktop providing several customization features and import/export facility from other spreadsheet programs.

[10]Grisbi - Grisbi is an open source personal finance manager developed to run on any platform and suit the needs of all users.

[11]jGnash - jGnash is an open source personal finance manager that will help you monitor and keep track of your accounts, including investments.

[12]KmyMoney - Easy to use, accurate open source personal finance manager built to suit the needs of non-technical users. It provides all the features available in a commercial application.

[13]Librepos - A multi-user POS application designed for touch screens, customer displays and barcode scanners.

Jika anda suka oleh-oleh Software Accounting & Financial Open Source ini, silahkan tulis pendapat anda di “Post Comment” link dibawah ini. Liburan yang akan datang mungkin saya akan bawakan oleh-oleh yang lebih banyak lagi, mudah-mudahan yang lebih bagus lagi, amin!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.