Minggu, 03 Juli 2011

PMI Akan Gelar Jumbara Nasional Di Gorontalo

Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar acara Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) tingkat nasional yang diperuntukkan bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR) di Provinsi Gorontalo. 
"Dalam pertemuan akbar lima tahunan ini, para anggota PMR dari berbagai daerah atau kontingen akan saling berkompetisi secara sehat dalam berbagai kegiatan kepalangmerahan seperti pertolongan pertama, kesehatan remaja sampai kesiapsiagaan bencana," kata Muhammad Muas di Jakarta, Kamis.
Pernyataan Pengurus Bidang PMR dan Relawan Markas Pusat PMI itu menyampaikan hal tersebut dalam keterangan tertulis PMI yang diterima di Jakarta. 
Jumbara Nasional PMR VII itu dijadwalkan untuk diselenggarakan di Bumi Perkemahan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, 4-10 Juli 2011. 
Jumbara Nasional tersebut rencananya akan diikuti oleh 2.500 anggota PMR usia antara 10-18 tahun dari 32 provinsi se-Indonesia serta 35 orang dari 12 negara perwakilan perhimpunan palang merah dan bulan sabit merah internasional. 
Dengan tema "Ceria, Cerdas dan Bersahabat", Jumbara menjadi sarana untuk mendidik, membina sekaligus mengembangkan PMR agar lebih terampil, kreatif, berkarakter dan memiliki jiwa kepemimpinan. 

Dalam Jumbara Nasional itu juga terdiri atas tiga jenis kegiatan yang terdiri dari Jumpa (traveling kepalangmerahan, kreasi remaja, dan lokakarya penguatan kapasitas), Bakti (penanaman pohon, bakti sosial, kegiatan kesehatan, dan donor darah), serta Gembira (pentas seni, olahraga, dan teater). 
Sedangkan salah satu kegiatan yang baru dilakukan di Jumbara Nasional kali ini adalah Pemilihan Putera Puteri Remaja PMI, yang akan dinilai berdasarkan pada pengetahuan, perilaku, dan ketrampilan ini, diharapkan akan muncul sosok remaja dengan memiliki jiwa kepemimpinan. 
Kegiatan lainnya adalah simulasi pendirian posko tanggap darurat dengan pemanfaatan tenaga surya, penyuluhan tentang lingkungan dan kesiapsiagaan bencana ke masyarakat desa, praktek kebersihan diri dan perawatan keluarga di sekolah-sekolah dan "edu-game". 

Para peserta Jumbara Nasional ini merupakan PMR Mula (SD), PMR Madya (SMP), dan PMR Wira (SMA) dari kelas 6 SD hingga 2 SMA. Setiap daerah atau kontingen mengikutsertakan masing-masing enam peserta dari Mula, Madya hingga Wira. 
Pelaksanaan Jumbara Nasional ini adalah yang ketujuh kali sejak digelar pertama kali pada tahun 1981 di Ragunan Jakarta. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla direncanakan akan membuka Jumbara Nasional PMR VII ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.