Sabtu, 19 November 2011

Casa da Música | Arsitektur Rumah Musik di Portugal


Casa da Música adalah aula ruang konser besar di Porto, Portugal yang rumah lembaga budaya dengan nama yang sama dengan tiga orkestra Orquestra Nacional do Porto, Orquestra Barroca dan Cinta Ensemble.

Ini dirancang oleh Koolhaas Rem arsitek Belanda dengan Office untuk Metropolitan Arsitektur dan Arup-AFA, dan dibangun sebagai bagian dari proyek Porto Modal Budaya Eropa pada tahun 2001 tetapi hanya selesai pada semester pertama tahun 2005 dan segera menjadi sebuah ikon di kota. Para insinyur Bangunan itu Arup (London) bersama dengan Afassociados (Porto). Di dalam luar (Petra Blaisse) merancang 13 tirai besar, mulai dari 22mx15m untuk 65mx8m, dan kayu pola daun emas gandum di auditorium besar.



Casa da Música dibangun tepat di seberang dari salah satu pusat lalu lintas dan bisnis utama kota, Praça Mouzinho de Albuquerque, yang dikenal sebagai Rotunda da Boavista . Tempat di mana bangunan sekarang duduk yang digunakan untuk menjadi tempat memegang untuk trem yang berlari di Porto. Meskipun konstruksi berlari selama empat tahun atas jadwal dan biaya sekitar € 100M, proses pembangunan membawa tantangan rekayasa baru dalam rangka untuk menciptakan konfigurasi yang tidak biasa.
Casa da Música memiliki dua auditorium utama, meskipun banyak daerah lain bangunan bisa sangat mudah diadaptasi untuk konser dan aktivitas musik lainnya (lokakarya, kegiatan pendidikan, dll).

auditorium besar memiliki kapasitas awal 1.238 orang, tetapi dapat bervariasi sesuai dengan kesempatan itu. auditorium kecil adalah sangat fleksibel, dan tidak memiliki jumlah tertentu dalam kaitannya dengan kapasitas. Rata-rata ruangan memiliki kapasitas untuk 300 orang duduk, dan 650 orang berdiri, meskipun ini secara drastis dapat berubah tergantung pada ukuran panggung, lokasi, susunan kursi, kehadiran dan ukuran suara dan peralatan rekaman, dll Para restoran di puncak gedung ini dibuka jauh lebih dari pada awalnya direncanakan. Berfungsi sejak Agustus 2006, kapasitas asli merencanakan restoran untuk 250 orang menurun menjadi ruang untuk sekitar 150.


September 2008 Casa da Musica host Orquestra Nacional do Porto mengambil bagian dalam presentasi publik eksploratif di mana musik yang dilakukan bersama musisi ditangkap dan gerakan ekspresif konduktor. Berbagai jaringan sensor bersumber dan diterjemahkan ekspresi musik ke komputer didorong interpretasi visual dari pencahayaan, gambar yang diproyeksikan, dan real-time improvisasi bagi penonton untuk mengalami nuansa yang menambah kinerja. Sebuah artikel ilmiah mengenai berbagai konsep.
Artikel ilmiah yang juga dipublikasikan pada pertunjukan kebutuhan khusus / lokakarya di Casa da Musica 2007 & 2008.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.