Selasa, 23 November 2010

Menconvert File MKV menjadi AVI


Dewasa ini sudah banyak DVD player yang support playback untuk file AVI. DVD jenis ini sudah banyak beredar di pasaran, biasanya juga disertai dukungan port USB. Salah satunya adalah Philips DVP-3260K (seperti yang saya miliki). Hal ini tentu menyenangkan, karena kita bisa memutar file AVI yang biasanya hanya diputar di komputer. Selain itu bagi para kutu bandwidth, downloader  film akan lebih mudah lagi bagi mereka untuk memutar film hasil download dari internet. Karena biasanya file yang dari internet berformat AVI.
Selain AVI, film yang didownload dari internet ada juga yang berformat MKV. Format ini lumayan baru (tapi tidak baru banget, dah agak lama) merupakan format file matroska. Biasanya file format MKV digunakan untuk film yang berkualitas tinggi, tipe-tipe HD Movie. MKV bisa diputar di DVD juga gak? Nah itu masalahnya… sepertinya belum ada yang menyediakan playback untuk MKV.
Yaaah… udah download gak bisa diputar di DVD donk… capeee deee… gimana siiy… gimana donk… payah nih… aaaah…. tempe niiy… saya jual kamu nanti… *maaf gara-gara chaos@work nih.. jadi ketularan*
Tenang… sabar… kan MKV nya bisa diubah menjadi AVI (bukan yang di Indosiar loh ya…). Ini saya mau ceritain gimana caranya mengubah MKV menjadi AVI, siapkan buku catatan kalian…
Sebenarnya pengalaman saya merubah MKV menjadi AVI ini agak2 berliku (biar dramastis dikit). Setelah melewati beberapa kali riset dan benchmarking beberapa aplikasi converter, akhirnya saya menemukan satu aplikasi yang menurut saya “user friendly a.k.a mudah digunakan”, kinerjanya cepat, dan fiturnya cukup lumayan, serta yang terpenting hasilnya OK dan bisa diputar di DVD. Karena ada beberapa converter yang hasilnya setelah saya coba putar di DVD player ternyata tidak bisa.
Nama Converter pilihan saya tersebut adalah “SUPER”, buatan “eRightSoft“. Aplikasi ini bisa didownload gratis dari internet ( gratis… enak to.. asyik to.. manthab to…). Ok, berikutnya jika sudah mendapatkan aplikasi SUPER sekarang saatnya hands on… workshop dimulai…
Berikut adalah tampilan dari SUPER
SUPER
SUPER
Beeeeuuuh…. katanya user friendly, mudah digunakan kok tampilanya ruwet ribet gitu… :(
Tenang… tidak semua parameter seting harus kita pahami… tapi lebih baik emang paham sih. Tapi saya juga gak paham semuanya, berhasil convert ke AVI dan bisa diputar di DVD (hahaha dasar tempe..).
Ok kita mulai…
Pertama pilih output containernya adalah AVI (karena kita mau convert ke AVI). Output video codec dan audio codecnya saya biarkan defaultnya saja, yaitu video codec:MPEG-4 dan audio codec:MP3. Terus FFmpeg or Mencoder juga saya biarkan apa adanya (karena saya gak ngerti apaan tuh… hahahaha)
Berikutnya video scale size, ini adalah scala perbandingan skala videonya. Untuk video scale size ini saya pilih 384:288. Jika ingin video hasil convert nanti skala videonya sama dengan file MKV nya, pilih saja “no change”.  Aspect adalah skala perbandingan ukuran di layar, apakah nanti ingin menjadi widescreeen, full biasa. Disini saya pilih 4:3, ikut setingan yang ada di DVD player saya. Frame/Sec biasanya rekomendednya minim 25 fps. Triknya untuk Frame/Sec ini adalah lihatlah properti file MKV yang sudah didownload. Lihat berapa fpsnya, nah sesuaikan saja dengan file MKV tersebut. Bitrate adalah video codec bitrate, semakin tinggi kualitas videonya akan semakin bagus, tentunya ukuran file hasilnya nanti akan semakin besar. Di bagian options pilih Hi Quality.
Untuk Sampling freq audio saya pilih 22050 (jangan tanya kenapa, saya juga gak tau udah kepilih segitu). Channels digunakan untuk apakah nantinya suaranya stereo atau mono. Saya pilih stereo. Audio bitrate sama seperti video bitrate, semakin tinggi semakin bagus. Biasanya saya pilih 112 atau 96. Untuk language saya pilih default saja.
Nah selanjutnya masukkan file MKV nya… bisa dengan drag n drop file MKV tersebut, atau klik kanan trus pilih add multimedia files. Jika sudah masuk, saatnya mengconvert… klik deh tombol encode (active files).
Tinggal tunggu saja… hingga selesai… copy ke flash disk, atau burn ke CD lalu mainkan di DVD
Selamat mengconvert….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.